Search This Blog

Cara Merubah Tampilan Blog Menjadi Profesional



Iseng-iseng ngeblog pasti tentunya tidak ketinggalan dengan waktu shalat kan?heeee,,,Nah, mungkin para blogger mania tentunya sudah paham menggunakan fitur-fitur pada blogger. Selain itu willy weblog sedikit ingin memoles sebuah tips tentang bagimana caranya merubah tampilan blog agar seperti web profesional? Emzzzz,,, Gampang qo caranya.....

Well, Saat ini apakah anda kurang puas dengan tampilan blog anda sekarang? Dimana sangat mudah ditebak, bahwa blog anda dibuat dengan layanan gratis yang bernama blogger.com? Dan lebih-lebih lagi tampilannya sangat tidak meyakinkan? Jika jawaban anda ya, berarti kihttp://www.blogger.com/img/blank.gifta sama. Blog saya yg blak-blakan.com juga dibuat dengan blogger.com. Tapi semua jejak aslinya sudah saya rubah, maka jadilah tampilannya menjadi seperti itu. Nah, jika anda juga tertarik ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:

Pertama: Ganti Domainnya.

Anda tentu sudah paham apa itu domain, yaitu kata terakhir yang terdapat pada alamat (URL) blog anda. Asal blog anda menggunakan blogger.com, maka domainnya adalah: blogspot.com. Nah itulah ciri pertamanya. Asal anda tahu, URL blog berita online terkini dulunya adalah: http://www.blak-blakan.blogspot.com. Selain panjang, jujur saja yang kurang sreg dengan tulisan blogspot.com di belakangya. Akhirnya saya ganti dengan domain blog ini menjadi .com Dan gk gratis.heee Maka jadilah alamat blog ini: http://www.blak-blakan.com

Kedua: Ganti Template.

Ini merupakan pandangan pertama yang sangat menetukan. Jika tampilan blog anda kacangan, besar kemungkinan tidak hanya pengunjung yang tidak betah dan tidak ingin kembali, tapi anda sendiri juga sudah “mual” setiap membukanya. Apalagi jika template yang anda gunakan masih tamplate bawaan blogspot yang masih “perawan”.

Nah, jika ingin tampilan blog anda tampak tidak seperti blog, tapi seperti web professional, maka ada 2 cara yang bisa anda lakukan:

1. Tetap menggunakan template bawaan blogger.com, tapi anda lakukan purubahan di sana sini. Mulai dari header, sidebar, footer dan halamamn postingan. Jika anda ingin belajar dari blog ini, maka anda bisa lihat beberapa caranya pada arsip blog, kategori di sidebar.

2. Dengan menggunakan template pihak ketiga. Anda tinggal mencari situs penyedia template gratis kemudian anda pilih model tampilan yang anda inginkan lalu downloadlah template tersebut.

3. Kombinasi dari kedua hal di atas. Meskipun templatenya anda download dari pihak ketiga, namun pada bagian tertentu tetap anda modifikasi agar lebih sesuai dengan selera anda, seperti yang saya lakukan terhadap blog ini.

Ketiga: Hilangkan Navbar Bawaan Blogger.com.

Apa itu navbar? Inilah contoh gambarnya:


Nah, sebagus apapun tampilan blog anda, tapi selagi ada navbar bawaan ini, maka sudah bisa ditebak blog anda menggunakan blogger.com. Dan karena tampilan navbar inilah yang membuat saya hampir kabur menggunakan blogger.com. Tapi rupanya itu bisa dihilangkan.

Keempat: Rubah Logo Favicon Bloggernya.

Favicon adalah singkatan dari favorit icon. Inilah contoh gambarnya:

Cara Mengganti Icon Blogspot
Nah, meskipun kecil, siapa saja yang sudah biasa blogging akan tahu bahwa jika ada icon ini di tabulasi browser, maka blog anda dibuat menggunakan blogger.com. Karena icon inilah yang menjadi ciri khasnya. Termasuk bagian ini, juga dulunya membuat saya hampir minggat dari blogger.com. Tapi untunglah, rupanya icon itu juga bisa diganti.

Kelima: Lihat Profil Lengkapku.

Jika widget ini sudah terpasang di sidebar blog anda, biasanya akan tampil foto anda dan tulisan “Lihat Profil Lengkapku.” Ini juga merupakan ciri khas dari tampilan blogger.com. Nah jika anda juga ingin mengilangkan jejak yang satu ini, maka anda bisa langsung menghapus tulisan tersebut.

Nah, lebih kurang itulah beberapa hal mendasar yang bisa anda lakukan untuk menyulap tampilan blog anda tidak lagi seperti blog pasaran dan kaki lima, tapi sudah berubah menjadi seperti web profesional.hahahhahaaa

Selamat mencoba dan semoga berhasil! dan sukses

No comments:

Post a Comment