Search This Blog

Gunung Merapi muntahkan wedus gembel

Gunung Merapi. Berdasarkan pemantauan berita yang saya dapat dikabarkan bahwa gunung merapi mulai memuntahkan wedhus gembelnya. Hal ini membuat warga sekitar menjadi kuatir dan sebagian warga sekitar mulai menggungsi ke daerah yang lenih aman.wedhus gembel' tak hanya menyebabkan sejumlah desa di lereng Gunung Merapi hujan abu. Di tempat lainnya, seperti Desa Banyubiru, Kecamatan Dukung, Magelang, malah terjadi hujan kerikil. Kejadian ini membuat warga desa tersebut kaget.

Gunung Merapi semakin meningkat aktivitasnya sejak pekan lalu. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono menegaskan arah luncuran lava pijar bakal lebih dominan menuju ke arah selatan Merapi. Pihaknya meminta warga di Kabupaten Sleman dan Klaten untuk meningkatkan kewaspadaannya

Ribuan Warga Dievakuasi

Sementara itu setelah hujan debu mereda, ribuan warga di Kecamatan Dukun dievakuasi ke beberapa tempat pengungsian. Warga Desa Keningar misalnya, mereka dievakuasi ke tempat pengungsian akhir di Desa Tunjung, Kecamatan Muntilan.

Demikian pula dengan warga desa-desa lainnya seperti Desa Ngargomulyo, Desa Babadan. Warga kedua desa itu diungsikan ke Kecamatan Sawangan. Mereka diangkut dengan berbagai kendaraan, seperti bus dan truk.

Korban jiwa

Berdasarkan berita yang saya dapat melalui metro tv dikabarkan dalam korban gunung merapi ada satu bayi beumur 2 tahun yang mengalami sesak nafas dan nyawanyapun tidak terselamatkan

No comments:

Post a Comment