Search This Blog

Terapi Warna Bagi Kesehatan


WillyNews - Tips Kessehatan. Inilah Terapi Warna yang berguna Bagi Kesehatan. Sadar atau tidak, kehidupan manusia dipengaruhi oleh warna. Warna pun bisa mempengaruhi kehidupan dalam beberapa cara.

Warna dapat membuat kita lebih baik, meningkatkan energi atau bahkan memiliki efek menyedihkan. Makanan, misalnya, dijual dengan warna-warna memikat. Atau para ahli pemasaran, memakai warna menarik pembeli produk. Para ahli pemasaran juga memakai warna menjual produk mereka. Atau para koki mewarnai makanan demi estetika, dan juga selera.

Sebuah studi seperti dikutip dari Idiva menyatakan terapi warna juga dimanfaatkan untuk efek penyembuhan. Chromotherapy, demikian bidang itu disebut, telah digunakan selama berabad-abad membantu menyembuhkan gangguan dari tubuh, pikiran dan jiwa.

Setiap warna bergema ke frekuensi berbeda, dan membawa serta sifat penyembuhan yang spesifik. Misalnya warna digunakan untuk menenangkan pikiran dan jiwa adalah hijau dan biru.

Bahkan jika Anda tidak memiliki akses terapis warna profesional, Anda pun masih dapat menggunakan warna membantu Anda meningkatkan nafsu makan juga mood. Berikut tips terapi warna bermanfaat untuk Anda:

1. Warna warni untuk meningkatkan nafsu makan

Jika Anda berada di sebuah restoran cepat saji coba perhatikan dekorasi ruangan di sekelilingnya. Biasanya, warna-warna cerah, ceria dan menyenangkan menjadi penghias dekorasinya. Ada tujuan dibalik pewarnaan cerah ini. Warna-warna terang seperti merah, oranye dan kuning telah terbukti merangsang sistem saraf dan meningkatkan nafsu makan Anda.

Dan jika Anda memiliki anak yang susah makan, coba rangsang nafsu makannya dengan peralatan makan warna-warni cerah seperti merah, kuning dan oranye. Termasuk menyajikan makanan dengan warna cerah seperti wortel, tomat ataupun buah-buahan berwarna merah segar.

Jangan pernah menampilkan warna pink jika ingin menambah nafsu makan. Sebab, menurut studi, pink justru akan menekan nafsu makan dan mengurangi dorongan mengonsumsi snack.

2. Agar tetap bersemangat di waktu sibuk

Jika Anda memiliki hari sibuk dan butuh banyak energi, coba dekatkan diri dengan warna jeruk seperti oranye. Jika Anda ingin mengeluarkan udara kekuasaan dan kekuatan, gunakan warna hitam. Penggunaan abu-abu disarankan untuk pikiran yang netral, sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan mediasi, dan tidak ingin berpihak.

3. Kuning meningkatkan konsentrasi, memori dan percaya diri. Tempatkan sesuatu warna kuning di ruang belajar Anda, atau di meja kerja Anda. Atau jika butuh konsentrasi saat mengerjakan berbagai tugas, coba buat catatan ditulis di atas kertas warna kuning. Atau jika ingin tampil lebih percaya diri, coba kenakan busana warna kuning.

4. Biru dan hijau adalah warna kalem alami

Warnai dekorasi kamar tidur dengan nuansa pastel seperti biru dan hijau. Bermanfaat meredam stres, dan mendorong tidur nyenyak. Bagus juga untuk anak-anak hiperaktif.

5.Warna cokelat dan maroon memberi tekanan

Hati-hati menggunakan warna Brown atau cokelat terlalu banyak, termasuk juga warna maroon. Meskipun sangat baik sebagai landasan warna, tapi ingatlah untuk menyeimbangkan warna tersebut dengan warna netral atau pastel.

6. Turquoise adalah warna untuk komunikasi. Sangat dianjurkan untuk dipakai pada saat wawancara, dan presentasi di mana Anda harus berbicara dengan jelas dan penuh percaya diri.

7. Pink dan merah adalah warna cinta, tidak hanya meningkatkan denyut jantung warna merah dan pink juga bisa memberikan energi. Mendekor ruang kamar tidur dengan warna pink dan merah juga bisa membangkitkan gairah.

Warna merupakan suatu kebutuhan dasar manusia. Bisa bertindak seperti musik, mengirim pesan positif ke otak kita. Jika kita hidup di dunia monokrom, kita semua akan depresi berat. Dengan secara sadar memilih warna penyembuhan, diharapkan kita dapat menemukan harmoni lebih besar dalam kehidupan.


No comments:

Post a Comment