Search This Blog

Situs/website Universitas Terbuka ( UT ) - www.ut.ac.id

Situs/website Universitas Terbuka ( UT ) - www.ut.ac.id
Universitas terbuka merupakan sebuah perguruan tinggi yang sangat flexsibel bagi para mahasiswanya, karena jika kita kuliah di universitas terbuka kita tidak perlu datang ke kampus setiap saat untuk mengikuti pengajaran, tetapi universitas terbuka sudah menyediakan program belajar online, yang memudahkan mahasiswanya memperoleh pengajaran tanpa harus datang ke kampus cukup didepan komputer aja mereka sudah dapat tutorial secara online.
Universitas terbuka memang disediakan bagi anda yang sudah bekerja untuk dapat melanjutkan tingkat pendidikannya tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.
Untuk Indonesia sendiri UT merupakan terobosan pendidikan yang sangat dibutuhkan, karena kehadirannya telah memungkinkan menampung semua lulusan SMU/SMK, berapa pun usianya, di mana pun tempat tinggalnya. Biayanya pun murah dibanding perguruan tinggi konvensional. UT memang tidak membutuhkan “modal” besar karena perkuliahan bukan tatap muka, jadi tidak membutuhkan ruang kuliah. Materi kuliah dikirimkan lewat pos atau internet. Dan untuk kegiatan ujian, tutorial, atau diskusi kelompok, UT cukup menyewa tempat saja.

UT menerapkan sistem belajar "jarak jauh" dan "terbuka". Istilah "jarak jauh" berarti pembelajaran bukan dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio dan televisi). Makna "terbuka" adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, berapa kali mahasiswa dapat mengikuti ujian, dan sebagainya. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMU atau yang sederajat).
Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Belajar mandiri bukan hanya berarti belajar sendiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Dengan demikian, belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun secara berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan di UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti siaran radio, mengikuti tutorial serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan belajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi atau meminta bantuan tutor, baik secara tatap muka, melalui telepon, surat elektronik (e-mail), faksimile, ataupun melalui pos.

Seperti halnya pendidikan tinggi lain, UT juga menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa tiap semester. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama sekitar 15 minggu.
Beban studi mahasiswa dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Untuk mencapai satu SKS, mahasiswa diharapkan mempelajari materi pelajaran selama tiga jam per minggu. Khusus untuk UT, satu SKS disetarakan dengan tiga modul bahan ajar, sedangkan untuk mempelajari satu modul dengan penguasaan 80 persen dibutuhkan waktu sekitar 15 jam per semester.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, UT bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Pada setiap kota yang terdapat perguruan tinggi negeri, tersedia unit layanan UT yang disebut Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Perguruan tinggi negeri tersebut berperan sebagai pembina UPBJJ serta membantu dalam penulisan bahan ajar, tutorial, praktikum, dan ujian.

Untuk memberikan layanan pendidikan secara optimal kepada mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan di luar negeri, UT bekerja sama dengan instansi lain seperti PT Pos Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Televisi Republik Indonesia (TVRI), Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Siaran Pemerintah Daerah, Radio Siaran Swasta Niaga, Kanwil/Dinas Pendidikan, Atase Pendidikan KBRI, Perpustakaan Nasional RI, dan perpustakaan daerah.

Universitas Terbuka juga bekerja sama dengan instansi-instansi yang ingin meningkatkan kualitas sumber daya karyawannya, baik instansi pemerintah, BUMN, maupun swasta. Mereka dapat mengikuti program yang ada di UT atau memesan program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan instansinya. UT selama ini telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru SD melalui program yang dikenal sebagai Program Penyetaraan D2 Guru SD. Selain itu UT juga telah mendapat kepercayaan untuk meningkatkan kualitas SDM dari TNI, Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank BNI (Bank Negara Indonesia), PT Garuda Indonesia, PT Merpati Nusantara, Departemen Pertanian, Setwapres, dan beberapa Instansi lain.

Penyajian bahan ajar UT berupa:
- Bahan Ajar Cetak: Buku Materi Pokok (BMP), Buku Materi Suplemen. Buku Petunjuk Praktek dan Praktikum, serta referensi lainnya.
- Bahan Ajar Non-Cetak: kaset audio, kaset video, siaran radio dan televisi, bahan ajar berbantuan komputer dalam disket atau CD.
- Bahan Ajar Cetak dan Non-Cetak: Audiografis

Mahasiswa dapat memilih jenis tutorial sesuai dengan minat ataupun kemampuannya. Jenis tutorial yang dapat diikuti mahasiswa adalah sebagai berikut:
- Tutorial tatap muka
- Tutorial tertulis melalui surat: Mahasiswa dapat mengirim pertanyaan-pertanyaan mengenai materi perkuliahan kepada ketua program studi masing-masing dengan alamat, nama fakultas, Universitas Terbuka, PO BOX 6666, Jakarta 10001 atau melalui Fax (021) 7490147.
- Tutorial melalui radio, televisi, dan media massa: Mahasiswa dapat mengikuti tutorial lewat radio Programa Nasional RRI gelombang FM 93.2 pukul 08.10 WIB. Tutorial melalui radio ini diadakan 5 kali dalam seminggu. Sedangkan tutorial melalui TVRI dapat disimak mahasiswa pada hari-hari tertentu. Di samping itu, beberapa media massa lokal juga menyajikan tutorial untuk mahasiswa UT. Informasi ini dapat ditanyakan kepada petugas UPBJJ-UT.
- Tutorial lewat Internet

untuk mengetahui lebih jelas Situs/website Universitas Terbuka ( UT ) - www.ut.ac.id langsung anda berkunjung ke situsnya aja

www.ut.ac.id

No comments:

Post a Comment